Fantastic Four







Untuk memeriahkan ulang tahun GIGSEnt yang ke-4. Enggak afdol kalau enggak ada sesi tanya-tanya sama author-authornya. Jadi di sini aku bikin sesi tersebut dengan judul FANTASTIC FOUR.





Aku kasih judul itu karena ini udah tahun keempat GIGS, dan berarti tahun depan adalah tahun kelima. Dan menurut beberapa orang, pas ditahun kelima itu, tahun yang bikin kacau. Tapi semoga GIGS enggak kenapa-kenapa ya.. Makanya aku kasih judul itu supaya buat GIGS makin kuat. Dan bisa terus ada sampe ulang tahun ulang tahun selanjutnya.






Untuk sesi kali ini, pertanyaannya lagi-lagi aku yang buat (re: Kim Dhira). Dan pertanyaan-pertanyaannya semua ngebahas soal karya-karya yang udah GSB, Salsa, dan aku sendiri lahirkan *anak kali ah*.





Dan saat kalian baca, pasti kalian akan ngeliat perbedaan penulisan ditiap jawaban. Itu terjadi karena aku enggak nyamain formatnya. Bukan karena aku males, tapi karena aku mau ada saling menghargai di dalam sesi ini walaupun hal sepele. Kalau aku samain formatnya, terkadang akan ada perubahan juga sama tujuan pertama dari yang ngejawab. Nanti malah apa yang mau mereka sampein malah enggak kesampein gara-gara aku ganti formatnya. Jadi  aku biarin dan supaya masing-masing dari kita juga bisa ngerasa kayak bener-bener ada di dalam sesi tanya jawab ini. Bukan hanya sekedar jawab, terus dikolektifin ke aku dan udah.





Heemmm.. kayaknya kita mulai aja ya. So check this out guys!!!!







1.         3 karya dengan tema terbaik! (di luar cara penulisan, bahasa, atau pendeskripsian)



GSB

#Catatan Hati Seorang Jongin.  Rasanya emang gak aneh kalo ff ini yang menurutku paling rapi penulisannya, entah itu tanda bacanya atau pemilihan katanya (yah, walau tetep aja ada kekurangan di sana-sini, cuma aku rasa udah lebih baik kalau dibandingin sama ffku yang lain). FF ini lahir *asik* setelah sebulan atau dua bulan aku menghilang tanpa kabar, dan selama menghilang itu aku lagi ngelahap novel-novel baru atau bacain ff karya orang lain. Selain itu akupun sering baca informasi dari berbagai sumber tentang cara penulisan yang baik. Jadi yah, semua itu berguna banget untuk memperbaiki kebiasan menulisku yang amburadul gak karuan. Gitu deh, setelah dapet asupan kosakata baru dari bacaan-bacaan keren plus suntikan pengetahuan dari beberapa artikel, akupun berusaha untuk nerapin semua itu di ff ini. Tapi tetep, long way to go untuk bisa nulis ff yang keren banget.

#Little Secret. Penulisan ff ini dipengaruhi banget sama novel trilogi berjudul Passion karya Cassandra Claire. Berhubung novel itu bergenre fantasi dan narasinya cukup panjang, jadi Little Secret pun hampir kayak gitu, panjang dan penuh penjabaran. Kalau CHSJ sangat rapi dalam segi penulisan, Little Secret pun rapi dan pemilihan katanya lebih asik menurutku. 

#Fight For The Light. FF ini dibuat untuk sebuah lomba menulis di salah satu blog, jadi yah, penulisannya dan tanda bacanya rapi. FYI, sebelum ngirim ff ini ke panitia lomba aku sampe ngedit berulang kali.



Salsa

·         CJH16
(karena temanya unik, jatuh cinta sama robot)

·         Who Says I Can’t?
(karena ini pertama kalinya ngejadiin 2 cowo sebagai main cast. Dan rasanya seneng bisa bikin cerita perjuangan anak SMA yang mau lulus)

·         But You Didn’t
(fanfiksi tanpa cast, ide ceritanya dari puisi terkenal Tiongkok)



Kim Dhira

Pertama, Your New face. Karena bisa bikin ambigu pas baca pertama kali. Terus aku juga masukin banyak pengecoh biar yang baca ngiranya yang lain.

Kedua, Coffee Shop: Do Kyungsoo’s Story. Kenapa? Karena ini kali pertama aku bikin cerita yang cuma nyeritain dari satu sisi aja dan konfliknya enggak mengemuka kayak sonfic aku sebelumnya. Dan juga ini tuh induk dari songfic parade yang aku bikin.

Ketiga, Almond. Ini adalah fanfiksi pertamaku yang berbau pembunuhan. Waahhh.. pas udah jadi senengnya bukan main. Terus juga karena untuk ngerampungin ceritanya, aku nyari segala sesuatu yang berhubungan sama cara pembunuhan yang aku mau pake.





2.         3 karya dengan penulisan terbaik! (tema, alur, bahasa, dekspriksi)



Salsa

Kalau dari segi tanda baca, bener-bener g ada… aku baru mulai ngerti tanda baca, penggunaan titik, koma, huruf kapital sebulan belakangan ini (thanks to GSB)

Kalo buat bahasa sama pendeskripsian, ini top 3 aku…

·         Fanfic Collab
(mungkin karena ini fanfiksi paling baru makanya penulisannya lumayan)

·         Suddenly Daddy
(dari semua series yang aku punya, ini yang paling aku favoritin. Karena pas aku baca ulang, Alhamdulillah ternyata ga seburuk yang lain)

·         High School Romance
(bahasa disini tuh enteng, menyenangkan, fresh, ga ribet. Dan ini bener-bener fanfiksi paket lengkap, karena semuanya ada, sahabatan, musuhan, fangirlingan dan aku suka endingnya huhu)



Kim Dhira

Apa ya? Sampe saat ini aku yakin, aku belum gunain tata cara penulisan dan bahasa yang baik. Jadi aku enggak bisa mengatakan bahwa semua fanfiksi yang aku bikin udah menggunakan penulisan yang baik.

Tapi dari semuanya, bisa dibilang fanfiksi yang baru banget aku bikin itu penulisannya udah lebih baik. Tapi karena belum di publish jadi itu enggak termasuk. Jadi 3 di bawah ini yang ya.. enggak selebay pas pertama kali aku nulis.


Pertama, Do You Want Some Fluff vol.5: Love is Something. Aku milih ini soalnya pas nulis aja aku udah bener-bener banget deh. Biasanya cuma pake satu hati, tapi khusus ini aku minjem hatinya anak-anak GOT7 supaya ini bisa bener-bener fluff dan bikin kalian meleleh. Karena ini fanfiksi do you want some fluff pertama ku. Jadi aku super banget deh buat ngerampunginnya.

Kedua, Voice of Heart. Inikan menceritakan tentang Yesung yang mau wamil. Ya.. kayak pemikirannya Yesung tentang kepergiannya. Enggak terlalu penting sih, soalnya cuma kayak isi hati seseorang. Tapi overall aku suka ini karena ini fanfiksi pertama tentang curahan hati seseorang yang aku buat. Terus timingnya juga tepat dan cara aku ngedeskripsiin semuanya juga lumayan.

Ketiga, Almond. Ini untuk kedua kalinya aku nyebut almond. Ya.. mau gimana, emang ceritanya aku persiapin dengan super banget. Mulai dari kerangkanya sampe hal-hal kecil di sana. Jadi ya, aku nganggep ini sebagai salah satu karya terbaik yang aku punya.



GSB

#Story From Suncheon.
Aku sayang plus cinta mati banget sama ff ini. Temanya, feelnya, karakter tokohnya, penggambaran suasananya, aku suka banget. FF ini terlahir setelah aku baca novel WEREWOLF BOY. Oke, emang ga nyambung banget. Werewolf Boy sama Story From Suncheon punya tema cerita yang sangat berbeda, alurnya apa lagi. But, setting tempatnya sama. Sama-sama di pedesaan, kesamaan lainnya adalah karakter utama perempuannya sama-sama pindah dari kota ke sebuah desa kecil.
Satu lagi, di akhir ceritapun tokoh utama cewek sama cowoknya gak jadian, wakakkk padahal udh baper parah. Jujur aja selama baca novel itu aku bisa ngerasain suasana hangat, cinta yang tumbuh sangat pelan dan terlalu sederhana, dan suasana tenang pedesaan. Makanya pas nulis ff ini, aku yang masih baper sama novel itupun otomatis kebawa. No Kissing, Interaksi sederhana, dan Petualangan-petualangan kecil. Satu kata buat ff ini adalah indah.

#Catatan Hati Seorang Jongin.
Menurutku tema ff ini emang salah satu yang terbaik. Kenapa? karena menurutku tema ini sebenernya ga menyenangkan untuk diangkat. Well, siapa sih yang seneng menderita? Tapi  itulah intinya. Semua orang mau punya hidup yg bahagia, tapi gak semua orang bisa beruntung kayak gitu. Dan ff ini nyeritain tentang remaja laki-laki yang lahir dari keluarga brokenhome dan gak dapet kasih sayang dari sana-sini, dan akhirnya nemuin solusi untuk masa depan hidupnya.

#Try To Get Up. Lagi-lagi FF dengan cast Kris. Yah… Sebenernya konsep awal ff ini gak begitu. Walaupun niat awalnya memang ff ini tuh bergenre angst, tapi bukan tentang cewek yg kehilangan semangat hidup dan blablabla. Kalo gak salah inget, ff ini dibuat untuk ultahnya Nandita. Berhubung waktu itu aku dikejar deadline dan aku gak bisa ngembangin konsep awal akhirnya aku nyari ide lain dan WALLA… Try to Get Up pun lahir. FF ini tentang harapan, cinta, dan ketulusan. Kadang aku kangen buat ff model begini.





3.         3 karya yang temanya biasa aja! (enggak nyesel udah bikin tapi enggak atau kurang puas aja sama hasilnya)



Salsa

·         Get Crazy
(karena ff ini terlalu alay, terlalu random, ga jelas mau kemana, dan bahasa aku jelek banget makanya ga puas sama hasilnya. Tapi ga nyesel juga, kaya… biarin aja ada di gigsent, tapi jangan harap bakalan aku buka lagi huhu)

·         Regret
(ini bener-bener biasa aja. Ga nyesel, ga kurang puas, ga wah banget, ga kenapa-napa. Ini pas. Walaupun temanya biasa aja tapi pas. Aku maunya emang kaya gitu)

·         My Cappuccino
(ini birthday project. Aku g pede sama sekali waktu publish fanfiksi ini, karena my cappuccino itu cuma fanfiksi cadangan aka bukan ff itu yang harusnya aku publish, tp gimana dong ff yg hrsnya dipublish itu udah berapa bulan lebih g kelar-kelar dan aku nyerah. Tapi berhubung birthday project, jadi mau g mau harus ada yang kepublish dan terpublishlah my cappuccino. Intinya kurang, kurang romcom, kurang Jongeun, kurang semuanya. Tapi aku g nyesel ko udah publish ini, mungkin di mata aku ini ga banget, tapi ternyata ada yang suka, ada yang bilang bagus dll makasih)



GSB

#You’re Not Alone. Aku gak mau kasih penjelasan terlalu banyak, aku cuma mau bilang ff ini ‘kurang greget’.

#What Jeon Jungkook Wants. Entah karena apa, tapi aku emang biasa aja sama ff ini. Mungkin karena aku gak begitu suka Jungkook jadinya kurang gimana gitu.

#Honestly I Love you. Sebenernya ff ini udh lama bgt, tapi karena aku mesti nginget-nginget akhirnya keinget ff ini deh. Yah…ff ini biasa aja menurutku, gak bernyawa malah. *maksudnya? Abaikan!*



Kim Dhira

Sebenernya ada banyak cerita yang udah aku buat dan aku publish dengan feel dari aku sendiri biasa aja, flat gitu. Tapi yang ada di bawah itu yang super banget deh.. sampe-sampe pas aku mau jawab ini, aku mikir, kenapa dulu aku bikin ini ya??

Oke yang pertama, Too Late. Itu karya kedua aku setelah The Decision of Love. Pas aku pikir-pikir soal fanfiksi ini, bener, rasanya flat aja. Aku enggak nyesel udah bikin tapi rasanya ada yang kurang aja. Dan cuma mau ngasih info aja, sebenernya dulu waktu GIGS belum genap satu tahun, aku berencana buat bikin sequelnya. Tapi enggak jadi karena kehilangan mood. Tapi sekarang aku malah bersyukur karena aku gak jadi bikin kelanjutannya.

Terus ada, It’s Not Important. Dan lagi-lagi ini fanfiksi di awal kemunculan aku sebagai author. Bukan karena cara penulisannya yang masih mengalay lebay pas waktu itu. Tapi emang feelnya enggak ada buat cerita ini. Kayak bikin sayur sop, rasanya enggak manis, enggak asin, dan juga enggak gurih, bahkan hambar juga enggak hhuuhh-_-"

Yang terakhir itu, Falling. Untuk yang satu ini beda sama yang sebelumnya. Di sini masalahnya adalah pas aku liat posternya rasanya aneh aja. Dan pas aku baca, rasanya kayak ada sesuatu yang hilang.





4.         3 karya kalian yang menggunakan penulisan tertidak lazim!



Kim Dhira

Untuk yang satu ini, aku bakal milih karya yang aku keluarin pas diawal-awal kemunculan aku sebagai seorang author. Kenapa?

Karena pas masa itu aku sama sekali belum ngerti banget sama dunia fanfiksi dan dunia tulis-menulis. Ya.. walau sekarang belom jadi expert juga, tapi setidaknya aku udah keluar dari zaman jahiliah itu.

Yang paling pertama banget itu ada, The Decision of Love. Itu disitu aku kayak bikin komik. Kebanyakan dialog. Dan itu juga dikomen sama salah satu pembaca. Dan karena komen itu juga aku mulai untuk ngurangin dialog dan memperbanyak narasi.

Kedua, Second Marrieage. Kalau yang ini aku buatnya pas enggak dizaman jahiliah lagi sih, tapi cara aku ngejelasinnya itu loh. Belom lagi juga karena menurut aku ini nih terlalu ribet, soalnya ada perceraian, dan teman-temannya yang bikin aku tua sesaat cuma buat mikirin cerita ini.

Yang ketiga, apa ya. Aku bingung. Ya.. bukan karena cerita-cerita aku itu terlalu bagus atau apa, tapi karena rata-rata cara aku nulis itu tidak lazim. Apa lagi pas awal-awal, wwooohh itu super enggak lazim. Jadi untuk yang ketiga ini aku serahin ke kalian. Menurut opini kalian yang udah baca cerita aku dari awal sampe akhir. Soalnya kalau aku yang milih, aku bakal sebutin semuanya (-.-”)



Salsa

·         Let Love Lead
(aku gonta-ganti POV tanpa nyantumin nama. Tapi Alhamdulillah g ada yang ngeluh)

·         Step For You
(di part 1 aku pake alur maju-mundur. Jadi tiap ada tanda ***** itu artinya beda waktu. Yang satu waktu sekarang, yang satunya lagi pas main cast-nya masih pada kecil)

·         White Guy
(karena pake sudut pandang orang kedua. Oops salah deng, kata guru bahasa Indonesia aku di SMA g ada tuh yang namanya sudut pandang orang kedua. Jadi coba bayangin betapa g lazimnya ff ini)



GSB

#Man With Words. Bagi yang belum tau ff ini, plis dibaca biar kalian tau segak lazim apa. Temanya memang agak kurang lazim, tapi aku suka ff ini, karena well, aku kreatif juga ternyata.

#With You. FF dengan cast Mark pertama, tapi aku bersyukur karena alur ceritanya gak mainstream. Gak sweet aduhai tapi realistis walo emang gak baik. Perselingkuhan, dan buat aku yang mencintai kedamaian, tema kayak gitu bukan tema yang asik. Tapi untungnya aku cukup berani buat nulisnya. Heheheheh…

#It Should Be. Menurutku ff inilah yang paling ‘enggak aku’ banget, tapi aku bangga banget sama ff ini. Sekilas tentang ff ini, diceritain penyesalan seorang anak di detik-detik menjelang kematiannya. Ide ff ini dateng setelah aku dengerin deretan sad instrumental di soundcloud. Demi deh, alunan suara piano sama biola yg aku denger tuh emg nyiptain perasaan sedih mendalam, kehilangan yg terlalu berat.





5.         3 karya yang pas rencana awal sama eksekusinya beda! (niatnya, temanya, alurnnya, cara penulisan, atau yang lainnya)



GSB

#Love Need Effort. Salah satu alasan kenapa ff ini gak dilanjut adalah karena ff ini udah melenceng banget dari konsep awalnya. Sumpah deh, awalnya aku gak berencana bikin Kim Bum punya banyak andil. Dan juga harusnya Donghae gak perlu ikutan masuk ke cerita. Siapa yg salah? Aku pastinya.

#Because of Pencil. Kalau gak salah inget sih, ff ini harusnya bergenre fantasi. Tapi berhubung ff ini udh lama bgt, aku lupa kenapa ff ini bisa melenceng dari tema awal dan gak ada fantasinya.

#Marry Me. Ide awalnya masih sama yaitu nikah dengan orang asing, tapi makin ke sini ff itu jadi lari kemana-mana. Oke aku minta maaf.



Kim Dhira

Pertama, Falling. Aku bakal nyebutin ini dengan sangat lantang karena emang pas diotak sama pas udah jadi itu bedanya seratus delapan puluh derajat. Awalnya aku mau bikin ini fluff, soalnya ini bakal jadi penanda comebacknya aku sebagai pyro. Eh tapi pas dieksekusi, malah jadi rada nge-angst gitu. Ggeerrr banget..

Selanjutnya ada, Your New Face. Ini gak buruk. Ini malah bagus dan yang paling aku suka. Kenapa? Ya karena YoonHae-lah! Hahahahah.. enggak deng. Sebenernya karena semua ngalir gitu aja. Yang penting intinya tetep sama, Yoona berakhir sama Donghae. Walau ada bumbu-bumbu di luarnya yang beda dari rencana awal, tapi gak ngaruh sama sekali. Soalnya malah itu jadi pemanis untuk cerita yang super ini mwehehe..

Yang terakhir itu, Confusing Dream. Yap, ini fanfiksi alay yang belum kelar. Dan emang rencananya aku enggak mau ngelarin soalnya ini udah beda banget dari bayangan awal. Sebenernya ini tuh awalnya cuma mau dijadiin oneshoot, tapi karena waktu itu Kris lagi booming, makanya aku pengen memperpanjang ceritanya. Eh tapi malah kehilangan mood, dan berakhir dengan hanya ada part 1nya aja.



Salsa

·         Before Marriage
(Niatnya Suzy sama Chanyeol yang bakalan bersatu di ending. Eh, authornya malah kecantol sama Seungho trus sok-sokan ga tega. Intinya apapun bisa terjadi kalo udah berhubungan sama cogan. Chanyeol juga cogan ko, tapi pas itu entah mengapa Seungho lebih cogan(?))

·         Way To Love
(Kepanjangan di ending. Harusnya aku bisa ngira-ngira di awal, karena itu jomplang banget. Part 1 sampe 5 rata-rata cuma 3000 kata, pas masuk part 6, 7, 8, 9 mulai dibanyakin, sekitar 7000 lah.. eh part 10nya sampe 13000 lebih tck tck)

·         Damnation
(hahaha.. sedih ngomonginnya. Tadinya damnation itu harusnya fanfiksi series dengan  genre mystery, temanya tentang 4 anak SMA yang mau mecahin kasus pembunuhan di sekolah mereka. Tapi ternyata bikin genre mystery tuh susah banget, aku g berhasil mikirin apapun yang berbau mystery selain prolog dan 1 part setengah…  Akhirnya daripada jadi beban, dan mumpung belom banyak yang baca, ya aku apus trus aku ganti jadi oneshot super ew)





6.         3 sumber inspirasi terbesar kalian buat bikin cerita baru!



Salsa

·         Fanfiksi author lain
(entah itu di gigs atau bukan, bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris, kalau ff-nya bagus pasti selalu ada rasa ‘pengen bikin yang kaya gini’)

·         Lirik lagu
(biasanya lagu ballad)

·         Quote
(aku penggemar quote. Bahkan di laptop ada satu dokumen sendiri yang isinya quote-quote buat bikin fluff)



Kim Dhira

Hmmm.. apa ya??
Lagi-lagi aku bingung. Padahal pertanyaan-pertanyaan ini aku yang bikin. Emang dasar aku labil yah-_-”

Inspirasi. Inspirasi. Inspirasi. *coba untuk bertapa. mengingat darimana dapetin inspirasi sebelumnya* AAHHH *jentikin jari*

Inspirasi aku datang dari....

Pertama, abang cadok. Kedua, abang cadok. Ketiga, abang cadok. Dan seterusnya abang cadok!!!!
Hhuuuhh.. aku enggak tau darimana inspirasi-inspirasi itu datang. Apa lagi pas dua-tiga tahun yang lalu. Tapi untuk sekarang ini emang abang cadok itulah sumber inspirasi terbesar aku. Kalau ngebayangin dia, tiba-tiba aja dapet ide. Kalau enggak sengaja papasan, ide ada lagi. Atau enggak sengaja ngeliat, tiba-tiba ide muncul. Ya ampun.. bener-bener ya, abang cadok mengalihkan dunia ku *eeeaaaa*

Tapi seinget aku, dari hasil aku buka-bukain folder poster dan ngeliat lagi poster-poster itu dengan seksama. Kayaknya lagu juga memberikan inspirasi buat aku nulis. Kayak songfic parade, itukan berawal dari aku yang dengerin terus lagunya B.A.P – Coffee Shop. Dan akhirnya jadilah rangkaian parade songfic itu.

Dan kayaknya yang bikin inspirasi aku ngalir itu karena komik. Soalnya setiap aku butuh ide, aku pasti baca komik yang bertemakan sweet gitu.



GSB

Kalau buat aku sih, inspirasi bisa datang darimana aja, tapi berhubung harus disebutin, yoweslah. Biasanya aku  dapet inspirasi dari aktivitas membaca(read: novel, ff karya author lain, dll), inspirasi juga dateng setelah nonton film dan dengerin lagu. Kadang ngeliatin orang-orang di sekitarpun bisa jadi inspirasi.





7.         3 k-idol yang sering dijadiin main cast!



Kim Dhira

Siapa nih?? Mark? Donghae?
Kayaknya untuk sekarang-sekarang ini, yang bakal sering dijadiin cast itu suami aku Mark Tuan. Kenapa? Soalnya karena dia suami aku!! Dia bisa dibikin jadi manis, nyebelin, kalem, bahkan perpaduan dari semuanya. Dan juga karena fotonya Mark banyak banget dihape, jadi aku selalu pengen bikin poster ff buat dia dan otomatis bikin ceritanya juga.

Tapi kalau diliat ke belekang, abang Donghae juga gak kalah banyak. Walau judul cerita dengan abang ikan ini jadi main cast gak sebanyak Mark -ya karena abang Donghae dibikinnya multichapter gitu, sedangkan Mark oneshoot-, tapi aku selalu kepikiran buat jadiin Donghae sebagai main cast. Soalnya dia lovey dovey banget sih hoho.

Terus yang ketiga itu, dulu sih member EXO. Siapa aja yang penting EXO. Tapi ya biasanya aku pake yang ultimate aja, kayak Kris, Luhan, Sehun. Karena lagi boomingkan anak EXO pas mereka awal-awal debut dan aku juga baca fanfiksi di luar dengan member EXO sebagai main cast. Tapi sekarang aku pingin bikin GOT7, soalnya susah banget nemuin cerita mereka. Jadi aku pingen bikin mereka deh.



GSB

#Kris. Aku tau aku terlalu terobsesi sama dia, tapi yah…gimana yah? Muka dia tuh penuh kisah, misterius-misterius kampret gitu.

#Kai. Selain Kris, si TemSek ini juga penuh kisah mukanya. Kalo liat foto-foto dia pasti kayak ngerasain sesuatu(?). Ckck...gak percuma dikasih bentuk fisik eksotis ama Allah yah Kai..

#CAP. FF dengan cast CAP emang gak sebanyak Kris, tapi yah CAP ini salah satu idol yang ngebuat aku nyaman pas nulis. Makasih bebeb untuk senyum kurang lebar yang manisnya pas yang ngebuat tidur aku nyenyak*mulai sarap*



Salsa

·         Yesung
(Karena dia ultimate bias aku…)

·         L.Joe
(Karena dia bisa dijadiin bad boy, bisa dijadiin sweet boy, bisa dijadiin sweet bad boy)

·         Mino ???
(sejauh ini baru dua judul sih, Let Love Lead sama Lovel(mess)y valentine, tapi kayanya seiring berjalannya waktu bakalan banyak..)





8.         3 pairingan (couple/triple/...) yang kalian suka sering kepikiran untuk dijadiin cast untuk! (idol x idol, idol x oc)



Kim Dhira

Pertama dan yang paling utama adalah, Yoona – Donghae. Soalnya aku udah jatuh cinta banget sama mereka. Aku tuh udah jadi pyro sejati. Jadi bakal terus bikin cerita yang jadiin mereka pasangan. Jadi kayak dimana ada Yoona disitu pasti ada Donghae.

Kedua itu, Mark – Jiyeong. Ini couple idol x oc pertama yang aku bikin dan aku suka. Soalnya ada Marknya hehehe.. Dan kenapa aku bikinin couple buat Mark?? Karena dari tiga author di GIGS, aku doang yang belom mematenkan couple idol x oc. GSB udah, dengan couple kayak sora-tao, hara,-lay, cheonsa-kris, dll. Salsa,  dia punya l.joe-hyojin yang aku juga suka gara-gara mereka lucu banget, dan masih banyak lagi yang enggak kalah banyak sama GSB. Jadi intinya semua berawal karena aku merasa tertinggal dengan kedua author itu. Makanya dimulai dari Do You Want Some Fluff vol.5, aku udah milikirin couplenya dan pasangan tersebut akan terus jadi couple dicerita manapun *itu sih rencananya, tapi eksekusinya. Let’s us see hehehe*.

Ketiga, Hara – Lay. Aku milih ini karena dalam rencana GSB yang dia bocorin ke aku sama Salsa, dia bakal bikin cerita dengan memasukan karakter kita bertiga ke dalam oc-nya. Dan Hara itu di cerita awal menggambarkan sebagian dari karakter aku, makanya aku suka couple Hara-Lay sampe sekarang. Walaupun pas lagi baca, aku ngebayangin wajah oc-nya itu enggak keliatan, putih aja.



GSB

#CheonRis (Cheonsa-Kris). Mungkin aku egois karena sering banget nulis mereka, tapi yah mau gimana? Ide-ide selalu berdatangan untuk pasangan ini.

#MinRa (Minsoo-Hyunra). Pasangan ini tuh asik, gak sempurna, tapi bikin gemes. Dan satu lagi, ngebayangin mereka tuh bikin adem.*Mereka itu pasangan atau AC 2 PK sih?*

#BaekNam (Yeonjoo-Taehyun) Pasangan baru yang menurut aku cukup unik, jadi yah panteslah kalo mereka sering kepikiran. Tapi yah sejauh ini baru dua ff doang sih.



Salsa

·         L.Joe – Hyo Jin
(kopel paling fleksibel. Paling asik buat genre romance comedy)

·         Tao – Sora
(Ini ga harus kopel bikinan sendiri kan???? Baru satu kali bikin SoTao, dan itu asik. Kalau ngeliat quote tentang ‘relationship goals’ dan sebangsanya, pasti langsung kepikiran mereka)

·         Mino – Jin Ah
(sebenernya g sering sih. Karena disuruhnya 3, makanya aku tulis Mino-Jin Ah. Biasanya kalo nemu cerita lucu aku ga bayangin siapa-siapa, cewe-cowo aja… nanti abis itu baru survey k-idol mana yang kece, kl udah nemu tinggal disesuain karakternya)





9.         3 lagu yang sering didenger pas ngetik ff!



Salsa

Aku g dengerin lagu kalo lagi nulls ff. Ga bakal bisa konsen. Ya kalau dengerin pun g ada lagu khusus, dishuffle aja, kl yang muncul don’t don atau rocking baru diganti XD

Oke, tapi yang paling sering keputer atau sengaja diputer mungkin 3 ini…

·         Teen Top – Please
(karena ini netral, bisa masuk feel apa aja. Ga netral juga sih, sebenernya liriknya rada sedih tapi melodinya ga bikin sedih)

·         Seventeen – 20
(aku lagi seneng sama lagu ini pas bikin ‘do you want some fluff? Vol 6.’ Jadi anggep aja ini ost do you want some fluff volume itu ckck)

·         Baekhyun – Beautiful
(karena lagunya slow, ga berisik. Intinya lagu-lagu yang ga mecah konsentrasi sih)



Kim Dhira

Dominan lagu yang aku denger pas lagi ngetik itu yang rada slow. Enggak harus ballad. Cuma enggak ngejedag-jedug kayak Boom Boomnya Super Junior atau Everybodynya SHINee juga.
Dan yang paling sering aku denger itu...

Pertama, SHINee – Selene 6.23. Walaupun artinya sedih, tapi ini bisa bikin ide ngalir terus walaupun ceritanya lagi dalam keadaan seneng.

Kedua, Super Junior – Storm. Lagi-lagi lagu ballad yang sedih, tapi tetap bisa bikin aku lancar ngetik.

Ketiga, Howl – Love U. Lagunya sweet gitu. Menurut aku lagu ini bisa masuk kemana aja, mau itu scene yang lagi manis, lucu, bahkan kadang-kadang sedih.



GSB

Berhubung belakangan ini aku gak nulis apapun, jadi yah aku sebutin yang aku inget aja yahhh.

#Ariana Grande – Best Mistake. Aku dengerin lagu ini sepanjang nulis Fight For The Light

#Arina Grande – The Way. Lagu ini tuh inspirasi buat ff-ku dengan judul yg sama, The Way.

#Afgan – Untukmu Aku Bertahan. Ini lagu yang sangat membekas, lagu yang nemenin aku pas nulis Another Cinderella Story.

#Avril Lavigne – I’m With You. Ini juga salah satu lagu yang nemenin aku ngetik Another Cinderella story.

#Demi Lovato – When Two Worlds Collide. Oke, lagi-lagi lagu yang jadi saksi bisu perjalanan Another Cinderella Story.

#NeYo – Miss Right. Nah, kalo lagu ini aku dengerin pas ngetik There Is A Will There Is A Way. Ya ampun udah lebih dari tiga. Ckck…sorry semua!! maklum aku anaknya suka kelepasan.





10.     3 lagu yang bisa bangkitin mood buat negetik!



GSB

Sebenernya kalau aku lagi gak mood buat ngetik, lagu apapun gak akan mempan. Tapi yah, aku bakal nyebutin beberapa lagu yang oke buat dijadiin temen pas ngetik atau asik buat didenger.

#Afgan – Untukmu Aku Bertahan
#Sherina Munaf – Sebelum selamanya, Simfoni hitam
#Ariana Grande – Best Mistake, The Way, Almost is never enough,
#Avril Lavigne – I’m with You, Tomorrow
#Demi Lovato – Two worlds collide, Heart to heart
#Ryeowook – Smile
#Airplane – How R u?
#Coffeeboy – When Loves Comes, Stay On Your Side
#Melly Goeslaw – Suara Hati seorang kekasih, Denting, 3 Cinta*Ost AADC semua*
#SJ – Evanesce, Raining Spell for love, Heartquake, Love Disease
#SNSD – Lost in Love, Time Machine
#Taibiann – Queen
#David Archuleta – Your Eyes don’t lie, maybe, don’t runaway
#Loco feat Crush – Hold Me Tight
#Verbal Jint ft Phantom – You Deserve Better
#Jung Yup – Thorn Flower
#Kim Yeowoo – Sometimes I Cry alone
#Kat Deluna – Calling You
#Exo – Baby Don’t Cry,
#Toni Braxton ft Baby face – Hurt You
#Teentop – Missing, Missing You
#2ne1 – Lonely, Comeback Home
#Taeyang – Love You to Death, Didn’t mean it, Throw Away
#F(x) ft D.O – goodbye summer

Sebenernya masih banyak, tapi inipun udah terlalu banyak. Jadi ya udah segitu aja, nanti aku malah gak bisa berhenti lagi.



Salsa

·         Super Junior – Raining Spell For Love
·         Jason Chen – Time Machine
·         AJ Rafael – Five Hundred Days
(sama semua sih alesannya. Biasanya kl denger lagu-lagu ini suka ngebayangin scene ff. Yep, mereka ngebangkitin mood buat ngetik, tapi sampe sekarang ga ada yang keketik)



Kim Dhira

Pertama itu, Super Junior – Y. Yang versi konser mereka di Jepang. Jadi aku dengerinnya berdasarkan video yang aku download. Ini lagu super banget, bener-bener bisa bikin mood aku bagus lagi.

Selanjutnya ada, BIGBANG – Haru Haru acoustic version. Lagu ini juga aku denger berdasarkan performance mereka pas konser di Jepang. Enggak jauh beda sama yang pertama, jadi aku muter videonya terus dengerin lagunya sambil menatapi ms.word.


Terakhir, Ellie Goulding – Love Me Like You Do. Kalau lagu yang ini mau versi akustiknya atau normalnya, aku suka. Enggak tau kenapa. Tapi setiap dengerin lagu ini pasti mood bisa membaik.





Finished!
Itu semua adalah curahan hati para author terkait cerita yang mereka buat. Aku sengaja bikin ini sebagai, ya gambaran aja gimana pendapat kita sendiri sama karya yang kita buat. Dan supaya kita (re: author & readers) juga bisa semakin dekat. Karena kejujuran yang udah coba kita ungkapkan. Dan semoga juga dengan adanya curahan hati ini kalian bisa ngeliat gimana kita memproses sebuah cerita.





Oke deh.. kayaknya cukup. Selamat menjelajah di hari anniv ini ya kawan-kawan...
See you babayyyyy.... :))

Comments

Popular Posts