Movie Review 2nd Paper







Hai kalian semua!




Aku di sini mau ngeshare lagi nih review film buat kalian. Mengingat hari ini adalah hari anniversary GIGS Entertainment yang keempat, jadi bagian kedua dari movie review ini aku persembahkan untuk anniv GIGS ini. Ya.. sebagai bentuk pemeriahan juga dihari ulang tahun GIGS.





Oh iya.. movie review kali ini cukup spesial juga karena 4 film yang akan aku bahas di sini memeliki genre yang sama. Apa genrenya????




Genrenya adalah.......


....................


...............


..........


.....


HOROR!




Oke deh aku gak akan berlama-lama cuap-cuapnya, jadi let’s start now!







Yang pertama adalah JESSABELLE. Film tahun 2014 ini pertama kali aku kira adalah bagian lain dari film Annabelle. Kenapa? Soalnya namanya sama-sama ada belle-nya. Ya tapi ternyata perkiraan aku salah karena ceritanya beda banget sama boneka annabelle yang cukup bikin aku nyurengin mata pas nonton.



Jessabelle ini menceritakan tentang seorang perempuan yang akhirnya kembali ke rumahnya karena kecelakaan yang dialami. Singkat cerita di rumah itu dia nemuin kenangan soal ibunya yang udah meninggal pas dia masih bayi.



Tapi kenangan itu membawa dia ke kondisi yang buat dia bingung. Mulai dari video dimana ibunya lagi ngebacain kartu tarot buat dia, padahal dia masih dalam kandungan. Terus ada makhluk aneh yang selalu mau megang pergelangan tangannya. Terus ayahnya yang tiba-tiba kekunci di gudang abis itu kebakar. Dan karena itu, Jessabelle ini jadi sebatang kara. Untungnya dia masih punya temen sma yang mau nolongin.



Terus keanehan lainnya muncul pas dia naik perahu ke tempat pemakaman di desa itu. Di sana dia nemuin makam bertuliskan nama dia dengan tanggal kelahiran yang sama dengan dia. Terus keanehan lainnya itu ada beberapa orang yang gak suka sama dia dan dia dibilang titisan setan.



Sampe akhirnya ketahuanlah kalau dia itu cuma anak adopsi ayahnya. Kenapa dia diadopsi? Itu karena ayahnya mau nutupin perbuatan kejinya yang udah ngebunuh bayi Jessabelle.



Kenapa dibunuh?



Karena bayi itu berkulit hitam sedangkan ayahnya berkulit putih!



Eh.. tapi tunggu, tuh bapak-bapak bukannya rasis ya, tapi karena istrinya selingkuh sama pria lain yang kulitnya hitam, makanya anaknya jadi berkulit hitam gitu.



Nah si ibu bunuh diri jugakan. Tapi sebelumnya dia bikin video dulu sebelum dia nembak dirinya. Di video itu, si jessabelle kulit putih ini di coret keningnya sama darah dengan bentuk salib. Itu dilakuin supaya bayi jessabelle berkulit hitam yang udah dibunuh bisa renkarnasi ke dalam tubuh bayi berkulit putih ini pas saatnya tiba.



Dan akhirnya masuklah si arwah Jessabelle kulit hitam ke raga jessabelle kulit putih setelah pergulatan yang cukup buat kamu lelah ngerutin dahi. Nah.. si jessabelle kulit putih mati dan jessabelle kulit hitamnya akhirnya bisa hidup.



Tapi sebenernya bukan itu yang mau aku bahas. Bukan ceritanya yang cukup memuaskan. Bukan setannya yang kurang menyeramkan atau backsoundnya yang kurang bikin tegang.



Sebenernya yang mau aku bahas adalah hal aneh yang terjadi di film itu. Jadi gini, jessabelle kulit putih itukan ceritanya lumpuh karena kecelakaan. Dia pake kursi roda. Tapi anehnya, entah kenapa pas tidur dia bisa ngubah posisi tidurnya cepet banget. Dari yang telentang ke posisi miring.



Aku nyoba.. sumpah aku nyoba gimana ngubah posisi kalau kaki lagi lumpuh atau gak bisa digerakin. Dan itu susah loh! Susah banget sebenenrya karena kaki kita gak bisa gerak.  Atau diilmiahnya tuh karena tulang panggul dan sendi yang menghubungkan tulang panggul sama kaki lagi bermasalah. Dan tulang panggul kita inilah yang jadi tumpuan saat kita mau ngubah posisi tidur.



Tapi kenapa di film itu, tuh perempuan ngubah posisinya cepet banget. Enggak ada lima detik, dia udah bisa membuat posisi tidurnya jadi miring. Gilakan?!?!



Aku mau positive thinking sih.. tapi pas aku nyoba sendiri. Hhhhhhhaaaaaahhhhhh... enggak bisa.



Jadi di sini aku cuma mau saranin aja sama sutradara-sutradara di luar sana yang lagi bikin atau berencana bikin film horor dengan pemainnya yang lumpuh atau cedera kakinya, tolong diperhatiin lagi gerak-geriknya si pemain. Emang sih hal kayak gini sepele malah bisa dibilang gak penting, tapi ya diperhatiin juga dong. Toh gak rugikan merhatiin hal sepele kayak gitu. Karena bisa aja hal sepele itu jadi boomerang sendiri buat film kalian.




Itu adalah review aku buat film jessabelle. Sekarang lanjut ke INSIDIOUS 3.




Pasti udah pada tau dong film kayak apa sih INSIDOUS 3 ini. Ya.. gak jauh-jauh dari bagian pertama dan keduanya, dibagian ketiga ini masih tetap menceritakan tentang penyelamatan nyawa seseorang yang diculik oleh makhluk astral.



Aku gak akan negbahas gimana film ini. Ya.. pasti kalian udah taulah gimana kualitas filmnya. Ya walaupun insidious 2 kalah ratting sama The Conjuring, tapi toh kualitasnya gak berkurang.



Jadi apa yang mau dibahas???



Yang mau aku bahas untuk insidious 3 ini tuh gak jauh beda sama jessabelle. Bahkan yang mau aku omongin itu sama. Sama-sama hal sepele yang mungkin.. mungkin ya.. luput dari perhatian sutradara dan crew yang lain.



Oke aku akan mulai ngebahas.



Kalian inget gak scene pas si pemeran utama ceweknya ngeliat sesosok yang ngelambai ke dia di tengah jalan, abis itu dia ketabrak dengan super kencengnya sama mobil pas dibagian rusuk??



Nah.. itu tuh yang aku mau bahas.



Jadi gini, pas aku nonton scene itu, aku ngerasaain ngilu di tulang rusuk karena hantaman mobil yang kenceng banget itu. Tapi eh.. pas udah keluar dari rumah sakit, yang parah malah kakinya, sampe-sampe harus di gips.



Aku sempet mikir What? Kok bisa rusuknya gak apa-apa tapi kakinya waw banget sampe harus di gips gitu???



Pikiran aku gak salah kan?? Aku mikir sesuai dengan apa yang disajikan. Jadi jangan salahin aku atau nuduh aku berlebihan atau apalah hanya karena pemikiran aku itu.



Ya intinya aku ngerasa aneh aja sama scene itu, yang ketabraknya sampe bikin ngilu bagian mana yang proses penyembuhannya lama yang mana. Itukan enggak masuk akal. Tapi yasudahlah, aku maklum. Inikan cuma film, jadi yaa.. gitu deh.



Oke lanjut!



Bukan hanya scene itu aja, tapi lagi-lagi ini kejadian yang sama kayak di jessabelle. Yap. Siperempuannya kan pake gips, berarti kakinya lagi cedera. Nah kenapa dia bisa ngubah posisi tidurnya secepat kilat?? Yang lagi-lagi dari posisi telentang ke posisi miring.



Ini nih pas scene dia lagi di kamar terus dia ngetok dinding belakangnya yang kehubung sama kamar laki-laki yang tinggal di sebelah. Dan ketukannya berbalas. Nah pas berbalas dia sms si laki-lakinya nanya kalau apakah dia ganggu si laki-laki tidur apa enggak? Tapi si laki-laki bilang kalau dia lagi gak di rumah. Nah.. pas itu si perempuan langsung tiduran dengan posisi telentang abis itu narik selimut dan langsung membalikan badannya.



Dan pas nonton bagian itu, aku langsung ke inget jessabelle dan akhirnya bilang ke GSB kalau aku bakal masukin insidious 3 ke movie review bagian kedua ini nemenin jessabelle!



Kenapa????



Ya.. karena hal sepele yang luput dari perhatian sutradara dan crew-nya sama. Sama-sama gampang banget ganti posisi tidur padahal kakinya sama-sama lagi cedera. Aku enggak tau pasti gimana kalau menurut ilmu kedokteran. Mungkin gak sih kalau lagi dalam keadaan cedera kaki sampe pake gips atau lumpuh bisa ngubah posisi tidur dengan cepat??



Tapi karena aku udah meraktekin, jadi ya aku berasumsi dan beropini sesuai dengan apa yang aku praktekin. Dan hasilnya adalah SUSAH!



Tapi yasudahlah ya.. itukan hal sepele yang ya... gak akan terlalu ngaruh juga. Jadi biarin aja deh. Cuma aku nulis kayak gini supaya kalian yang suka nonton khususnya penikmati film horor, coba deh lebih jeli sama setiap scene film. Karena terkadang ada hal-hal aneh yang bikin kalian bingung kalau kalian pikirin lagi scene tersebut.



Oke deh.. lebih baik kita lanjut ke film selanjutnya.






Film ketiga yaitu AMERICAN POLTERGEIST. Mungkin pas kalian baca judulnya, kalian akan ngira ini film Poltergeist yang rilis 2015 yang booming-nya sangat-sangat itu. Tapi ini beda.



Ya walaupun judulnya sama-sama pake kata poltergeist dan inti kehororannya juga sama. Tapi kedua film ini beda. Kalau poltergeist kan mengisahkan tentang sebuah keluarga yang baru nempatin rumah baru yang ternyata rumah itu dibangun di atas makam, terus anak perempuan yang paling kecilnya kan yang nantinya berhubungan sama setan-setan di sana.



Kalau american poltergeist itu, gimana ya.. aku bingung ngejelasinnya. Jadi film ini tuh mengisahkan tentang 5 orang mahasiswa yang nyewa 3 kamar di sebuah rumah besar sebagai tempat tinggal mereka selama kuliah, ya kayak kost-kostan lah.



(cowok baju kotak-kotak itu yang nemuin rumahnya. kakaknya yang pake kaos putih. sisanya temen-temen mereka. di gambar cuma ada 4 orang, yang satu lagi enggak ada dan dia adalah pacarnya si cowok baju kotak-kotak)



5 orang itu terdiri dari 3 cewek dan 2 cowok. Salah satu cewek di sana adalah kakak dari cowok yang nemuin rumah itu. Singkat cerita, kisah berlanjut. Semua orang mati dibunuh sama setan yang aku sendiri gak tau darimana dan kenapa bisa ada setan itu.



Sampe pokoknya tersisa tinggal si cewek yang adik cowoknya akhirnya juga mati sama satu orang ibu si pemilik rumah yang tak lain dan tak bukan adalah ibu tirinya si cewek. Dan ya.. sekedar info aja, ternyata kakak beradik itu bukan kakak beradik kandung. Si cewek kalau gak salah adalah anak adopsi.



Nah terus pas semua udah mati, si cewek keluar dari rumah sama si ibu-ibu tadi dengan keadaan penuh luka karena habis bertarung sama setan itu yang dibantun sama polisi setempat. Abis itu kamere ngezoom ke si cewek dan JENGJENG ternyata si setan masuk ke tubuh si cewek.



Kenapa bisa???



Aku sendiri juga gak ngerti kenapa? Pokoknya selama semaleman mereka bertarung dengan si setan, nah pas pagi dateng, si cewek akhirnya mutusin untuk turun ke gudang dimana si ibu-ibu yang ternyata kerasukan si setan dan satu temen cowoknya yang tersisa dan polisi yang ujuk-ujuk dateng pas malem berada.



Pas dia turun, betapa kagetnya dia pas ngeliat temennya juga udah mati dan tinggal si ibu-ibu itu yang tergeletak tak berdaya. Nah pas dia mau kabur, dia ditahan sama si polis yang ternyata udah tau tentang si cewek dan kisah hidupnya. Karena ternyata, polisi itu yang bawa si cewek ke panti asuhan pas orang tuanya mati karena hal yang masih ada hubungannya sama setan itu.



Singkatnya nih.. abis itu tiba-tiba aja si cewek kerasukan deh sama si setan. Dan film pun berakhir dengan credit name.



Nah.. yang aku mau bahas adalah.. ada gak dari kalian yang nonton american poltergeist terus ngerti sama ceritanya???



Kalau ada.. boleh dong share ke aku di kolom comment tentang film ini. Soalnya sampe detik ini aku gak ngerti sama sekali sama filmnya. Terlalu gak masuk akal menurut ku. Sampe-sampe aku gak berkata-kata pas filmnya abis.



Kalau ditanya perasaannya gimana abis nonton film ini?? Hmmm.. perasaannya tuh ngambang. Gak seneng dan juga gak kecewa. Ya flat aja gitu.



Tapi kalau kalian mau nonton, silahkan cari aja di google, waktu itu aku cari udah ada yang translate ke bahasa indonesia. Tapi masih susah sih. Atau kalau enggak kamu bisa cari yang bajakannya *oops.. ini cuma saran. tergantung kalian sih sebenernya*.




Lanjut, dan yang terakhir adalah THE BABADOOK.






Aku nonton film ini atas saran dari salah satu program tv. Katanya film ini keren, penuh misteri dan setannya gak kalah serem sama setan-setan di film indo (?) *loh...*. Jadilah aku cari dvdnya dan nonton film ini barengan sama adik.



Ketika film diputar, awalnya ya masih biasa.. terus lanjut deh. Mulai adegan mencekam yang buat aku langsung nelen saliva sendiri. Mata juga mulai nutup-buka-nutup-buka gitu. Dan teriakan, histeris dan kawan-kawannya mulai muncul seiringan dengan adegannya yang mulai menyeramkan.



Sebentar.. sebelum aku masuk kepada pendapat aku mengenai film ini. Aku mau nyeritain garis besar dari film ini dulu.



Cerita ini di awali dengan menceritakan kehidupan seorang wanita single parent yang bekerja sebagai pengasuh di rumah jompo dan anaknya yang masih bersekolah di taman kanak-kanak. Di sebelah rumahnya adalah rumah seorang nenek-nenek yang baik banget sama keluarga wanita ini.



Dari penjabaran di atas, kebayang dong seberapa beratnya kehidupan wanita itu. Dia harus kerja banting tulang, pagi ketemu malem, malem ketemu pagi lagi, terus ngurusin anak satu-satunya dan laki-laki pula. Wwooohhh.... hidupnya kayak penuh derita banget deh.



Tapi semua makin jadi buruk waktu anaknya nemu buku cerita tipe pop-up gitu di salah satu rak buku di rumahnya. Terus sebelum tidur dia minta ibunya bacain buku itu. Dan sampe dilembaran terakhir, ibunya berhenti nyeritain karena anaknya nanya, jadi kalau kita baca buku ini sampe habis, babadook akan dateng bu?



Dan semenjak itu, hidup mereka langsung dihantuin sama setan yang disbeut babadook. Setan yang bentuknya... kalian bisa liat diposter atas, yang menghantui mereka sama kayak yang tertera dibuku cerita.



Hidupnya makin kacau... si ibu mulai dirasuki sama babadook. Dan perangainya mulai aneh. Sampe pas mau ending gitu, pokoknya bagian klimaksnya. Itu tuh masih keadaan siang tapi si setan udah ngerasukin ibunya buat ngebunuh anaknya sendiri. Dan bener si ibu mau ngebunuh anaknya tapi si anak keburu ngumpet sama anjing kesayangannya.



Tapi anjingnya tuh baik banget. Dia mau ngelindungin anak itu dengan keluar dan ngalihin perhatian si ibu. Tapi sayangnya anjingnya akhirnya mati dengan cara lehernya dipatahin sama si ibu itu. Sedih??? Yap. Bahkan anaknya langsung keluar cuma buat ngeliat anjingnya.



Tapi sayang, si ibu masih dirasukin dan dia langsung ngambil pisau dan nyaris ngebunuh anaknya andai saja tuh anak kecil gak nyadarin ibunya dengan kalimat polos yang bener-bener ngena ke hati si ibu.



Dan pada akhirnya hantu babadook itu berhasil dikalahkan dengan keyakinan ibunya sama anaknya dan cinta tulus dari sang anak buat si ibu.



Nah.. tapi yang bikin aku ingin masukin film The Babadook ini ke movie review yang kedua ini adalah... jadi dibagian akhir, si ibu kayak bawa sesajen ke ruang bawah tanah dan ngeletakin bawaannya itu ke bagian yang tergelap di sana. Terus tiba-tiba aja kamernya ngeshoot si ibu ditambah dengan suara-suara kenceng dan aneh, kayak raungan dan si ibu itu berusaha untuk nenangin sesuatu yang diperagain oleh kamera itu.



Si ibu bilang, tenang dan makan saja.... dan dari situ aku nangkep kalau ternyata sesuatu yang ada di ruang bawah tanah itu adalah hantu babadook yang menjadi seperti peliharaan di rumah itu.



Pe-li-ha-ra-an. Dikasih makan dan dirantai.



Ya.. semacam itulah. Dan setelah nonton itu aku jadi mikir, emangnya setan bisa dijadiin peliharaan?



Dan emang iya sih, kalau sebenernya ada beberapa orang yang bisa jadiin makhluk astral sebagai peliharaannya. Tapi masalahnya di film ini adalah, itu makhluk di rantai juga! Udah kayak hewan peliharaan.



Sumpah aku bingung pas nonton bagian itu. Walaupun makhluknya gak keliatan karena gelap tapi rantainya keliatan dan gerak-gerak juga, aku langsung kepikiran anjing yang ada di tom&jerry. Entahlah... aku jadi ngerasa... aku aja sampe gak tau gimana perasaan aku sendiri sama film ini.



Tapi walaupun begitu, film ini recommended kok buat kalian yang suka film horor. Dan lagi-lagi, kalau kalian tahu alasan kebingungan aku itu, kalian bisa jelasin di kolom comment.





Dan berhubung semuanya udah aku review, movie review kali ini harus diakhiri. Tapi tenang aja, movie review masih akan tetap hadir dengan membahas film-film lainnya. Jadi ditunggu aja buat the next movie reviewnya.




Oke guysss... sampai bertemu dilain waktu dan dilain kesempatan...




Salam Hangat


Mark & Istri




> > > >    HAPPY 4TH ANNIVERSARY GIGSENT FANFICTION!!!    < < < <







Credit photos: Google.com (they belong to the owner)

Comments

Popular Posts