Happy 7th Anniversary!!!





"Even though your're growing up, you should never stop having fun." - Nina Dobrev






LITTLE Q&A


Bagaimana kabarnya?


GSB: Alhamdulillah sehat, segar, dan bugar. Secara fisik aku sehat yaa, tapi kadang ngerasa kurang sehat secara psikologis. Wkwkwk.. ya gitulah penyakit kurang percaya diri anak muda. Belakangan ini aku rentan banget merasa gak berdaya atau gak berguna. Itu namanya penyakit loh. Jangan salah.

Tapi yaa gitu aku gak mau bilang aku sakit jiwanya, nanti jadi tersugesti kalau gak waras lagi. Nope, tapi ya harus mengakui juga kalau ada sesuatu yang mengganjal perasaan dan pikiran yang terus mengusik diriku. Ada persepsi yang salah di dalam otakku, kalau didiemin justru malah bakal mengganggu kehidupanku. Bayangin kalau mau melakukan sesuatu akhirnya gak jadi karena merasa kurang percaya diri. Aku berusaha untuk melawan perasaan dan pikiran kayak gitu, entah dengan cerita sama temen atau cerita sama yg di atas (re: Allah SWT).

Hasilnya masih fluktuatif ya. Kadang aku bisa berpikir positif banget, tapi bisa merasa gak bisa apa-apa.

Salsa: Kabarnya baik Alhamdulillah :)

Kim Dhira: Kalau secara fisik, aku baik. Tapi kalau mental mungkin perlu untuk lebih banyak melakukan kegiatan yang menyehatkan mental, sepertinya. Karena lagi ada beberapa hal yang memenuhi ruang dalam otak aku dan ngebuat aku jadi enggak bisa menikmati hidup.


Apa kesibukan saat ini?


GSB: Hmm..masih kuliah aja nih. Tepatnya mau menghadapi sidang proposal hari Selasa nanti. Huft... doakan aku ya semuanya. Selain masih berkutat sama tugas akhir, paling aku sibuk sama pekerjaan lepasku. Udah hampir lima bulan ini aku bantu-bantu jadi admin media sosial. Kerjanya ngetweet dan bikin arsip laporan tweet setiap akhir bulan.

Apa lagi ya? Paling sisanya aku nonton youtube atau minjem e-book (tapi kadang gak dibaca bukunya). Cuma sedikit waktu doang yang aku gunain buat nulis cerita. Betapa tidak produktifnya diri ini.

Salsa: Sibuk mikirin Yuta aja..

Kim Dhira: Sampai saat ini aku enggak punya kesibukan yang berarti. Aku udah enggak setiap hari ke kampus, kadang-kadang aja kalau mau dan berniat menghilangkan penat. Paling kesibukan aku cuma berpikir mengenai hal yang membuat mental aku menjadi kurang sehat itu.


Bagaimana bisa menyukai kpop?


GSB: Awalnya aku mengenal dan tertarik sama korea itu karena drama Boys Before Flowers. Drama itu adalah gebrakan dahsyat yang membuka gerbang menuju K-Pop terbuka buat aku pribadi. Waktu itu aku masih kelas 8. Kenapa suka BBF? Simpel aja cowoknya cakep, bajunya kece, dan pemandangan yg ada di drama itu menawarkan hal baru (keindahan, kemewahan, dan kemegahan) terpapar di mata polos ini.

Dari BBF aku mulai ngepoin para pemainnya, beli majalah (gaul, bintang, teens) setiap pulang sekolah, kemudian dari majalah itu aku dapet banyak informasi tentang korea ini kayak ost-nya bbf dan aku pun lihat Shinee, SS501, T-max, dll. Abis BBF drama-drama lainnya pun menginvasi layar kaca Indosiar. Makin banyak deh yang kutonton dan dorongan buat ngepoin korea jadi lebih besar. Thanks to He Is Beautiful, Brilliant Legacy, Pasta, Dream High, Princess Hours, dll.

Selain itu berteman dengan Kim Dhira juga jadi alasan. Umpamanya kayak rumahku udah kebakaran terus si Kim Dhira nambahin minyak tanah, apinya jadi makin besar deh. Perbincangan kita pun mulai naik level dari ngomongin ost drama ke berbagai macam boyband yang ada.

Pas di SMA ternyata kesukaan pada K-Pop pun meningkat dan tak terbendung. Kami bertiga pun bertransformasi jadi fangirl yang tukang mengkhayal dan memutuskan untuk bikin blog ini.

Salsa: Diracunin oleh Kim dhira & GSB

Kim Dhira: Aku bisa suka kpop karena kakak. Entah gimana dia kayak influencer utama dalam hidup aku. Mulai dari makanan, fashion, ini nih kpop dan hal-hal berbau asia timur, sampai dengan idealisme hidup. Sumpah, dia memengaruhi aku banget.

Dan prosesnya sampai bisa suka kpop?

Karena dia suka banget ngasih liat foto idol, waktu dulu kalau enggak salah Key SHINee yang dia kasih liat pertama kali dengan bilang sebagai orang korea biasa. Luar biasa dia, sudah menipu anak kecil yang enggak tau apa-apa. Enggak sampai di situ aja, dia juga ngajarin nonton drama-drama karya anak bangsa asia timur. Inget banget waktu itu drama pertama yang aku tonton adalah meteor garden. Jadi waktu itu pas pulang sekolah dia yang udah duduk di depan tv manggil aku yang baru pulang untuk duduk di samping dia dan nonton bareng, kalau enggak salah waktu aku TK. Dan alhasil sampai detik ini aku enggak tau cerita meteor garden yang dulu.

Terus berlanjut deh ke drama-drama yang lain sampai akhirnya aku suka nonton drama kolosal korea. Hingga saat ini semua mengalir gitu aja dan jadilah aku yang penggemar kpop.


Apa lagu kpop pertama yang saat mendengar pertama kali langsung suka?


GSB: Kalau lagu yang pertama banget pastinya OST BBF mulai dari Almost Paradise dari T-Max, Because I’m Stupid SS501, Stand By Me dari Shinee.

Salsa: SJ – Mr. Simple

Kim Dhira: Aku lupa sih lagu kpop pertama yang aku denger. Tapi kalau lagu kpop pertama yang langsung aku suka pas denger pertama kali itu SHINee – Love Like Oxygen.


Siapa bias pertama?


GSB: Kukira mungkin aku suka Kim Bum, tapi semuanya berubah ketika Super Junior masuk ke hidupku. Waktu awal kenal Suju aku tuh males banget sama mereka karena jumlah personilnya gak masuk akal (waktu itu belum engeh ada grup AKB48 yang jumlah membernya jauh lebih banyak) dan aku gak hafal semuanya. Jujur ajalah Siwon aja yang aku tahu.

Terus Farah (a.k.a Kim Dhira) nyeritain semua anak suju di variety show mereka. Terus lanjut cerita tentang Kyuhyun yang mirip Alby Master Chef. Nah, aku yang penasaran sama si Kyuhyun ini, akhirnya browsing dan nemuin fakta-fakta tentang Kyuhyun.

Aku baca tuh postingan tentang Kyuhyun dan fakta-faktanya. Ternyata menurut fakta itu Kyuhyun adalah sosok yg pintar, pernah menang lomba matematika, tinggi 180 cm, milky white gitu kulitnya, jahil sama anggota lain, gak punya kamar pas awal debut, tidur di tenda. Akhirnya rasa kagum itu pun tumbuh padahal aku bahkan gak tahu bentuknya seorang Cho Kyuhyun itu kayak apa.

Dulu waktu aku SMP menuju SMA hape ku tuh masih sony ericsson yang bentuk candy bar jadi kalau buka wordpress atau blogspot gak akan bisa kebuka sempurna. Foto yang ada di postingan juga gak bisa kebuka. Jadi dalam tahap kagum itu aku bikin imajinasi tentang kyuhyun pokoknya tinggi, cakep, putih, pinter. Spesies langka pokoknya.

Sampe akhirnya aku nemuin gambar dia di bagian belakang sebuah majalah. Jujur aja aku sangat puas nemuin bentuk Kyuhyun yang melebihi ekspektasi aku. Waktu pertama aku ngeliat Kyuhyun itu pas era Bonamana yang tema fotonya agak dark gitu, terus Kyuhyun masih kurus, rambut agak dijambul. Kebayangkan gemaynya aku pas liat foto itu?

Salsa: Siwon??? Aku mau bilang Yesung tapi sebelum suka Yesung suka Siwon duluan gmn dong?

Kim Dhira: Kalau diinget-inget, aku tuh pertama kali suka SHINee. Tapi enggak tau siapa yang menjadi bias utamanya, karena suka aja semuanya. Abis itu aku tertarik dengan super junior. Jadi sepertinya bias pertama aku adalah Donghae. Dan kalau sekarang ditanya siapa bias utama di SHINee, aku akan menjawab dengan mantap yaitu KIM JONGHYUN. Kenapa? Enggak tau deh. Pokoknya aku suka dia. Terus urutan keduanya, sisa member yang lainnya. Kenapa urutan keduanya banyak? Karena aku enggak bisa memilih salah satu di antara mereka lagi. Mereka cukup berarti buat aku, jadi urutan kedua untuk keempat member itu sangat wajar bagi aku.




A LITTLE THING FOR YOU


To: GIGSent’s Family

[Kesan]

Apa yah? Sebenernya aku gak terlalu engeh umur GIGSent sekarang. Pas tahu kalau blog ini mau ultah yang ke-7, rasanya gak nyangka aja udah segitu. Well, blog ini bisa dibilang salah satu saksi bisu yang menyaksikan kita bertiga bertumbuh dan berkembang. Tulisan dari awal kita mulai yaitu waktu SMA terus sampai detik ini tuh banyak yang berubah. Entah dari gaya tulisan, preferensi, atau diri kitanya sendiri.

Enggak cuma itu aja, aku pun ngerasa antusiasme untuk nulis dan publish pun berubah. Selama 7 tahun pastilah ada perasaan bosen dan males. Aku sempat kepikiran mau udahan aja nulis di sini, tapi terus balik lagi. Mungkin bener kata Syahrini “hempas datang lagi... hempas datang lagi.”

Tapi yaaa.. pastinya selalu merasa seneng setiap kali selesai nulis ff terus publish di sini. Logikanya emang buat apa seneng kalau feedback yang didapet gak sebanding sama usaha selama nulis? Feedback yang paling nyata aku dapet paling kalau gak dari Salsa atau enggak farah. Kalau mikir gitu terus ya pastinya gak akan pernah selesai. Jadi ya kalau lagi waras aku berusaha mikir kalau enggak ada yang sia-sia di sini. Mungkin gak dapet feedback yang aku mau, tapi seenggaknya aku terus menulis mau itu jelek atau bagus.

Dari latihan itulah aku pun bisa evaluasi tulisan sebelumnya, makin mengalir tulisannya, melatih supaya otak terus berfungsi. Seriusan aku pernah baca artikel yang bilang kalau menulis itu melatih supaya kita gak gampang lupa.

Intinya blog ini salah satu bagian penting dalam proses perkembangan kami bertiga dari mulai remaja sampai dewasa awal. Banyak hal yang udah kita lakuin untuk blog ini (kesannya banyak pengorbanan, air mata, dan darah yg udh dikeluarin) dari mulai kita enggak ngerti apa-apa tentang blog, tulisan masih berantakan, alur cerita kurang masuk akal, kemudian mulai bisa otak-atik blog, dekor blog, tulisan pun lumayan enak dibaca.

[Pesan]

Aku mau bilang sama yang lain, ayo kita produktif lagi. Singkirkan monster jahat yang ada di kepala kita yang selalu ngusik pikiran setiap kali mau nulis.  Aku juga mau bilang semoga beruntung dengan apapun kegiatan/rencana kalian ya.. Semoga proyek nulis kita bisa terealisasikan. Aamiin.

GSB


To: GIGSent’s Family

[Kesan]

Berkesan sekali :”) Bahagia bgt pokoknya punya GIGSent. G kebayang rasanya kalo 7 taun yg lalu kita g sok ide bikin blogspot dengan nama yg serba dadakan ini.. mau jadi apa aku huhu.. Aku bisa nyebut kata ‘nulis’ sebagai hobi ya karena GIGSent, kl GIGSent g pernah ada, author Salsa juga g bakal ada..

[Pesan]

As always, semoga GIGSent bisa ada terus, karena berasa atau engga, GIGSent tuh ibaratnya lem buat kita bertiga, para authornya yang selalu lengkap tida’ pernah gonta-ganti personel… Mungkin kl GIGSent bubaran, bahan chat-an kita bisa berkurang drastis & aku tida’ mau itu terjadi huhu.. kalau g ada kalian temanku cuma guling doang :”(

Salsa


To: GIGSent’s Family

[Kesan]

7 tahun gigsent cukup memberikan kesan yang baik untuk hidup aku. Karena gigsent aku bisa menuangkan semua keluh kesah, kegilaann, bahkan hal-hal aneh yang sulit banget aku ungkapin di depan umum. Karena gigsent juga aku bisa belajar menulis. Yap.. membiasakan diri untuk menulis itu susah. Dan karena ada gigsent, aku jadi mempunyai wadah untuk mewujudkan hal yang sulit itu.

Enggak cuma itu aja, karena gigsent aku jadi belajar. Hal-hal yang enggak aku dapet selama sekolah hingga kuliah akhirnya bisa aku dapetin karena gigsent. Contohnya seperti cara menulis, bagaimana menyampaikan ide dan perasaan secara bersamaan, sampai dengan bahan untuk introspeksi diri karena demi menulis aku rela nyari bahan tulisannya dan menemukan suatu hal yang membuat aku seperti tertampar.

Naif kalau aku bilang aku enggak sedih karena enggak ada feedback yang gigsent dapetin. Naif juga kalau aku bilang aku enggak mikirin feedbacknya. Tapi semua itu berubah seiring berjalannya waktu. Mungkin dulu pas awal adanya gigsent aku bertumpu pada feedback, baik itu dari readers maupun GSB dan Salsa. Dan sekarang, setelah aku menemukan rasa senang aku mulai berpikir ulang. Memang benar feedback itu penting, tapi rasa senang lebih penting karena dengan senang kamu enggak akan stress.

Setiap kali aku berhasil merampungkan satu cerita, aku berhasil menyusun kata-kata hingga menjadi kalimat dan berubah menjadi paragraf, menyampaikan apa yang aku pikirkan tanpa perlu menyakiti orang lain, disitulah aku merasakan perasaan senang. Rasanya seperti lega gitu. Karena itu, aku akhirnya mulai menutup mata pada feedback. Membiarkan kesenangan yang aku rasakan menuntun aku menuju jalan aku sendiri.

That’s what i think and feel about gigsent!
Thank you for being my playground. Without gigsent and everything and everyone in gigsent, i can’t be kim dhira who you know for 7 years.

[Pesan]

Walaupun aku yakin ini pasti sulit banget buat kita bertiga, tapi aku berharap kita tetap bisa bersama di gigsent. Apa pun yang terjadi semoga tetap bisa menghidupkan gigsent bersama-sama. Semoga setiap harinya kita semakin baik dalam melakukan suatu hal terutama dalam menulis, karena aku tahu kok kita lagi mengalami fase dimana rasanya sulit banget untuk nulis. Ya bahasa kerennya mungkin writer’s block.

Selain itu, semoga siapa pun yang sudah susah payah datang ke gigsent enggak bosen untuk nunggu apa yang kalian suka baca di gigsent. Semoga yang kita sajikan memberikan kesenangan, bisa menemani kalian di waktu lenggang, dan mengurangi perasaan tidak enak yang kalian rasakan.
Terima kasih untuk 7 tahunnya, dan sampai bertemu di anniversary selanjutnya :)

Kim Dhira






We started with a little experience and a little knowledgement.

We never though that we would get this point now.

Yet, We will never stop to having fun.

We will work harder, study and learning harder to keep this playground alive.

Thank you for the 7 years.

See you on the next anniversary ^.^




HAPPY ANNIVERSARY GIGSENT FANFICTION




With Love,


GSB, Salsa, Kim Dhira

Comments

Popular Posts