tiba-tiba terdistraksi

 


bukan pertama kalinya begini. 


perhatianku terpecah ketika melakukan suatu kegiatan. tiba-tiba muncul 'oh, sepertinya aku harus menulis ini' dan akhirnya aku meninggalkan bacaanku, dan membuka blog ini untuk menulis isi kepalaku. benar-benar impulsif. 


lalu sebuah kotak terbuka dan ingatan-ingatan lain mengenai hal impulsif yang kulakukan menyeruak ke permukaan. bagiku lumayan sulit untuk mempertahankan konsentrasi pada satu kegiatan saja dalam jangka waktu yang lama. katanya itu adalah masalah yang banyak dialami manusia di era modern seperti saat ini. 


aku sih berharap aku bisa kembali menguasai konsentrasiku dan tidak mudah terdistraksi. tapi mengerjakan satu kegiatan saja dalam satu waktu terkadang membuatku cemas. seolah-olah aku tidak punya cukup waktu untuk itu. seolah-olah waktuku akan habis. 


dulu sekali aku pernah punya kemampuan berkonsentrasi mengerjakan satu aktivitas saja dalam satu waktu dengan konsentrasi yang amat baik. tidak muncul pikiran untuk melakukan kegiatan lain atau tergoda untuk menonton video pendek di tik tok yang tidak ada habisnya. dulu aku bisa membaca novel dalam waktu yang lama tanpa tergoda untuk melakukan hal yang lain sebagai selingan. aku benar-benar mencurahkan perhatianku dan mencerna semua kata hingga bisa merasakan masuk ke dunia yang ada di novel. 


aku juga pernah menulis tanpa henti selama beberapa jam untuk sebuah fanfiction yang biasa kuterbitkan di sini. hanyut dalam setiap kata yang kuketik, terbawa suasan yang kubangun untuk setiap tokoh yang ada di dalam ceritaku. 


tapi saat ini sulit sekali untuk benar-benar memerhatikan satu hal saja. sulit sekali untuk menikmati satu kegiatan saja tanpa terpikir untuk mengerjakan hal lain juga.


jangankan untuk mengerjakan aktivitas yang berfaedah, saat menonton film saja perhatianku terpecah. mata menatap layar laptop sambil curi-curi pandang ke layar ponsel. tidak bisa benar-benar menikmati apa yang sedang kutonton.  


bahkan membaca cerita yang merupakan salah satu kegiatan favoritku saja sekarang sulit untuk dilakukan. pikiranku kemana-mana. mau melakukan ini, mau melakukan itu.  


huh,


berkonsentrasi menjadi sebuah kemampuan super bagiku. seperti sebuah priviledge kalau aku bisa menguasainya lagi. 


aku masih berusaha untuk bisa menikmati apapun yang kulakukan. mencoba mengendalikan perhatian agar tidak mudah teralihkan dan benar-benar memperhatikan apa yang sedang kukerjakan.  


itu saja sih yang mau kutulis. sebuah pikiran yang tiba-tiba muncul dan membuka keresahanku selama  beberapa waktu belakangan. buat siapapun yang punya masalah seperti ini juga, kuharap kalian tidak menyerah. 


aku masih merusaha melatih diri dan pikiran supaya tidak mudah teralihkan. walau seringkali aku khilaf dan akhirnya terdistraksi. aku akan kembali mencoba lagi, persis seperti para ilmuwan yang mencoba lagi setiap kali eksperimen mereka gagal. 


dah..

Comments

Popular Posts